Fashion

Wednesday 22 June 2011

Winter Solstice

Hari ini, ketika membuka halaman google, ehh ada gambar lucu di halaman awal navigasinya.
gambarnya seperti dibawah :
Lucu kan yaaa???
judul gambarnya First Day of Winter. Doodle by Takashi Murakami, 2011.
Jadi tema google atau yang biasa disebut Doodle (ikon google yang bertema) hari ini adalah Winter solstice.
Karena ikon gambarnya yang lucu..... kayaknya seru juga kalo membahas tentang Winter Solstice di blog ini. hehehe
Setelah search di berbagai tempat, finnaly ini summarynya :



  • Apakah Winter Solstice itu ?
Winter solstice adalah pertengahan musim dingin ato midwinter, dimana pada tahun 2011 jatuh pada tanggal 21 Juni 2011 dan 22 Desember 2011. Pada tanggal itu adalah hari titik balik matahari, yang terjadi dua kali setahun ketika matahari berada pada titik terjauhnya dari khatulistiwa. Di belahan bumi utara, musim dingin solstice terjadi baik Desember 21 atau 22, ketika matahari bersinar langsung di atas tropis of Capricorn; summer solstice terjadi baik 20 Juni atau 21, ketika matahari bersinar langsung di atas tropis of Cancer. Di Belahan Selatan, musim dingin dan panas solstices dibalik. Peristiwa Winter Solstice juga dikenal sebagai penanda hari pertama musim dingin (winter) untuk belahan bumi bagian utara, dan musim panas (summer) untuk belahan bumi bagian selatan.

  • kenapa di belahan Selatan musim dingin dan panas terbalik dengan belahan bumi utara?
Hal itu terjadi karena sementara bumi berotasi terhadap matahari, dia juga berputar pada porosnya dengan kemiringan 23,5 derajat terhadap bidang rotasi. Karena kemiringan ini belahan bumi utara menerima sinar matahari tidak langsung yang menyebabkan musim dingin, sementara belahan bumi selatan menerima sinar matahari langsung yang menyebabkan terajdinya musim panas.

  • Apa yang terjadi pada hari saat winter solstice?
Winter solstice menandai hari terpanjang dan terpendek dalam setahun.  Matahari berada pada titik terendahnya dalam setahun, dan elevasinya pada siang hari pada saat sebelum dan sesudah winter solstice tampak sama. oleh karena solstice berasal dari bahasa latin solstitium, dimana "sol" berarti matahari, dan "stitium" penghentian. jadi pada saat winter solstice, matahari berada pada titik terendahnya dan siang hari menjadi pendek. kemudian hari-hari setelah winter solstice, siang hari mulai bertumbuh dan malam hari menjadi semakin pendek.

Pada seluruh dunia, hari ini telah diinterpretasikan dari bermacam-macam budaya, tapi kebanyakan budaya menginterpretasikan hari ini dengan perayaan kelahiran, hari libur, berbagai macam festival, perkumpulan, dan ritual-ritual lainnya.

  • Perayaan-perayaan apa sajakah yang ada di seluruh dunia ketika winter solstice?
Ada banyak perayaan di seluruh dunia ketika winter solstice terjadi, diantaranya :

  1. Perayaan Amaterasu, Requiem of Death.(Jepang Abad ke 7)
Pada akhir abad ke 7 di Jepang diadakan perayaan untuk merayakan munculnya kembali Amaterasu yaitu dewi Matahari dari mitologi Jepang dari pengasingannya di gua. Amaterasu ditipu oleh dewa-dewa lain dengan mengadakan perayaan dengan suara keras sehingga Dewi Amaterasu tergoda untuk mengintip keluar gua.  Ketika keluar dia melihat citra dirinya di dalam cermin dan diyakinkan oleh dewa-dewa yang lainnya untuk keluar dari pengasingannya dan membawa sinar matahari lagi ke dunia. Requiem untuk orang yang sudah meninggal di Jepang diadakan di Manzai dan Sishimai sepanjang malam sambil menunggu matahari terbit. Tradisi ini biasa dilakukan pada malam tahun baru.

             2. Natal, Natalis Domini (Abad ke 4 di Roma, Abad ke 11 di Inggris)

Misa Natal atau Kristus adalah perayaan Kristen yang paling terkenal di seluruh dunia dan yang paling diakui sebagai perayaan global pertengahan musim dingin di belahan bumi utara. Natal adalah perayaan kelahiran Yesus Kristus, Anak Allah, Juru Selamat Dunia. Kelahirannya pada tanggal 25 Desember yang merupakan musim dingin solstice (winter solstice) romawi pada kalender bangsa Julian romawi. Perayaannya meliputi kegiatan misa, pesta, dan bernyanyi lagu-lagu natal tentang kelahiran Tuhan.

             3. Dongzhi Festival ( Asian Cultural Sphere Timur dan Buddha Mahayana )

The Winter Solstice Festival atau Extreme Musim Dingin ( Cina dan Jepang :冬至; Korea : 동지; Vietnam : Dong chi) ( pinyin : Dong Zhi), ( romaji : Toji), ( Romaja : Dongji) adalah salah satu festival yang paling penting dirayakan oleh Cina dan Asia Timur lainnya selama Dongzhi solar term pada atau sekitar 21 Desember ketika sinar matahari lemah dan siang hari terpendek, yaitu, pada hari pertama dari dongzhi solar term.
Setelah perayaan ini, akan ada hari dengan siang hari lebih panjang sehingga peningkatan energi positif mengalir masuk Signifikansi filosofis ini dilambangkan oleh I Ching heksagram fu (复, "Kembali"). Traditionally, the Dongzhi Festival is also a time for the family to get together. Secara tradisional, Festival Dongzhi juga waktu bagi keluarga untuk bersama-sama. One activity that occurs during these get togethers (especially in the southern parts of China and in Chinese communities overseas ) is the making and eating of Tangyuan (湯圓, as pronounced in Cantonese ; Mandarin Pinyin : Tāng Yuán ) or balls of glutinous rice, which symbolize reunion. Salah satu kegiatan yang terjadi selama ini kumpul mendapatkan (terutama di bagian selatan Cina dan dalam komunitas Cina di luar negeri ) adalah membuat dan memakan Tangyuan (汤圆, sebagaimana diucapkan dalam bahasa Kanton ; Mandarin pinyin : Tang Yuan) atau bola dari beras ketan, yang melambangkan reuni. In Korea, similar balls of glutinous rice ( Korean : 새알심 ) ( English pronunciation : Saealsim ), is prepared in a traditional porridge made with sweet red bean ( Korean : 팥죽 )( English pronunciation : Patjook ).
Di Korea, bola yang sama dari beras ketan ( Korea : 새알심) ( pengucapan Inggris : Saealsim), dibuat dalam bubur tradisional yang dibuat dengan kacang merah manis ( Korea : 팥죽) ( pengucapan Inggris : Patjook). Patjook was believed to have a special power and sprayed around houses on winter solstice to repel sinister spirits. Patjook diyakini memiliki kekuatan khusus dan disemprotkan di sekitar rumah pada solstice musim dingin untuk mengusir roh-roh jahat. This practice was based on a traditional folk tale, in which the ghost of a man that used to hate patjook comes haunting innocent villagers on the winter solstice. Praktek ini didasarkan pada cerita rakyat tradisional, di mana hantu seorang pria yang digunakan untuk membenci patjook datang menghantui desa yang tak berdosa pada musim dingin solstice.

dan masih banyak lagi perayaan-perayaan menarik lainnya yang diadakan pada saat winter solstice di seluruh dunia. untuk lebih lengkapnya bisa dilihat disini : winter solstice




No comments:

Post a Comment